Sabtu, 04 April 2009

Bersatu Kita Bisa

Judul diatas bukan slogan politik, namun satu istilah bahwa dengan bekerjasama kita bisa melakukan sesutau yang lebih baik. Disaat situasi krisis seperti ini dunia usaha memang harus bisa melihat peluang. Salah satunya dengan bekerjasama. Kita mengenal istilah co branding, dalam dunia penjualan ada sitilah penjualan bundling. Beberapa contoh diatas merupakan salah satu strategi marketing bagi sebuah perusahaan.

Tentu anda semua sudah lihat iklan teh botol sosro, tolak angin dan kacang dua kelinci. Agak keluar pakem mungkin itu yang ada di benak kita, karena jika penjualan bundling biasanya dalam satu garis bisnis misal produesn handphone dengan operator seluler. Tapi ini berbeda produk, cuma semua dikonsumsi dalam satu rumah. Saya yakin dalam satu rumah biasanya 3 produk ini tersedia.

Kreatif juga promo iklan ini karena dengan brand yang suah kuat dan memiliki pelanggan masng-masing maka tidak mungkinakan memperkuat pasar masing-masing. Bukan tidak mungkin seseorang yang selama ini mengkonsumsi teh botol sosro akan menambah kacang dua kelinci atau jika masuk angin maka dia akan berperilaku seperti orang pintar minum tolak angin.

tentu saja dari sisi biaya akan lebih hemat dan dari pasar juga akan slaing memperkuat. kreatif bukan?

Tidak ada komentar: