Minggu, 11 Oktober 2009

Celah Sempit Di Tengah Gempa

Jika anda memiliki saudara atau kerabat yang terkena bencana di padang beberapa waktu kemarin pastimerasakan betapa komunikasi menjadi barang mahal. Kepastian untuk segera mendapatkan informasi tentang kondisi kerabat menjadi hal utama.

Terlepas dari kondisi duka yang ada, terdapat hal menarik yang bisa kita bahas. Waktu hari pertama terjadio bencana dimana infrastruktur komunikasi banyak yang terputus maka informasi dari televisi menjadi panduan utama. Nah waktu itu kebutuhan untuk menghubungi kerabat melalui telepon menjadi menu utama. Ketika salah satu TV menayangkan bahwa komunikasi telepon yang masih bisa hanya flexy dan XL ditangkap dengan cerdik oleh XL.

Segera setelah itu muncul iklan XL yang menyatakan bahwa XL merupakan operator seluler yang masih bisa dan XL memberikan nomor perdana cuma-cuma sekian ribu di jakarta untuk mereka yang akan menghubungi kerabat. Tidak lupa XL juga memberikan sms gratis.

Cerdik bukan? walaupun tidak ada data resmi berapa kenaikan pengguna XL waktu itu tapi saya yakin cara respon XL yang cepat bagus untuk mengkomunikasikan produknya. terbukti hari-hari berikutnya telkomsel sebagai leader market juga membuat iklan yang sama dengan menjelaskan bahwa sekian BTS nya telah aktif.

Pelajaran berharga dari kejadian ini adalah peluang bisa saja datang pada saat yang sempit dan harus ada kecepatan untuk merespon. Orang bijak adalah orang yang dapat memanfaatkan kesempatan dan dalam kasus gempa padang XL secara cerdik dapat memanfaatkan hal itu.

Tidak ada komentar: