Kamis, 22 Januari 2009

Membangun Merek Sekolah

Sekolah SMK di malang dalam beebrapa tahun terakhir ini patut di acungi jempol. Sebagai sekolah yang mengedepankan skill sudah seharusnya porsi pembelajaran skill dan prakteknya lebih dominan sehingga mereka dapat menjadi lulusan yang handal dalam skill.

Sudah hampir 3 tahun ini saya selalu menghadiri pagelaran busana tahunan SMKN 7 jurusan tata busana. Untuk tahun ini diadakan pada hari minggu kemarin tanggal 18 Januari 2009 di Mall Olympic Garden. Soal pemilihan lokasi juga patut diacungi jempol karena sebelumnya di lakukan di hotel, dengan di Mall maka akan banyak dilihat banyak orang yang pada ahirnya dapat menarik minat masuk SMK.

Sudah waktunya SMK terutama yang sudah bagus dalam pengelolaan skillnya membangun merek sekolah agar menajdi merek yang kuat di benak konsumen yang dalam hal ini adalah siswa dan dunia usaha. Harus dipahami sejak awal bahwa tugas utama SMK adalah mengahsilkan lulusan yang dapat memuaskan dunia usaha sebagai pengguna.

Strategi fokus pada skill yang benar-benar di kuasai perlu dilakukan sehingga lulusan SMK tidak lagi berkualifikasi nanggung, menguasai banyak hal tapi tidak maksimal. SMK dalam pengelolaan komunikasi harus menggunakan kaidah-kaidah marketing karena mereka juga memiliki produk jasa. Mungkin anda punya pendapat?

Tidak ada komentar: