Senin, 09 Februari 2009

Blog dan Fungsi Media Relation

Dalam satu minggu ini ada dua hal menarik bagi saya. Pertama saya di telepon seorang mahasiswa UMM yang sedang KKN yang bertanya bagaimana cara menghubungi wartawan dan mau meliput kegiatan KKN nya di gunung kawi. Dan kedua seorang teman yang bekerja di sebuah perusahaan cukup terkenal juga bingung bagaimana cara berhubungan dengan wartawan.

Bagi saya hal ini cukup aneh, betapa tidak media dan sumber berita merupakan dua hal yang saling membutuhkan. Sumber berita memiliki kekuatan berita atau info yang dibutuhkan oleh media atau berita yang ditunggu oleh banyak orang. Sedangkan media jelas membutuhkan berita tiap hari bahkan tiap saat sebagai konten dari media tersebut.

tetapi memang sampai hari ini masih sering saya melihat orang kesulitan untuk berhubungan dengan media, bingung untuk menentukan apakah berita yang dia miliki menarik bagi media dan yang celaka ada yang masih bingung apakah harus membayar agar bisa berhubungan dengan media. Disisi lain tidak sedkiti pula wartawan yang kesulitan mencari sumber berita karena banyak pula pihak yang cenderung tertutup dan tidak terbuka/takut dengan media.

Di jaman teknologi yang kata Hermawan Kartajaya masuk era 2.0 dimana batas antara produsen dan konsumen sejajar sebenarnya hal ini bisa di minimalisir. Kalo sebuah informasi atau berita memang memiliki kadar berita yang hangat dan menarik kenapa tidak layak muat? Dan di era teknologi ini sebuah liputan tidak lagi harus sebuah acara di datangi wartawan secara fisik.

Sebuah blog sebetulnya dapat digunakan. Saya beberapa kali mengirim berita ke media melalui email dan waratawan dapat menanyakan hal yang masih kurang juga via email. Nah ada baiknya jika anda mahasiswa atau memang bekerja di bagian humas memiliki blog tentang acara atau pekerjaan anda. Sediakan satu label khusus untuk teman-teman wartawan misal program baru perusahaan, realisasi penjualan atau program csr. Sehingga anda cukup memberitahukan teman-teman media bahwa berita perusahaan bisa di ambil di blog dan terbuka untuk semua media. Jika masih kurang bisa konfirmasi melalui email atau bertemu langsung.

Blog dapat menjadi media perantara untuk berkomunikasi dengan media sehingga tidak perlu lagi kita bersusah payah membuat jumpa pers...kayak artis aja.

Tidak ada komentar: