Jumat, 06 Maret 2009

Melampaui Samudera Biru



Melampaui Samudra Biru

Prinsip bisnis yang mana pun adalah meraih profit sebesar-besarnya. Untuk itulah dikembangkan segala inovasi, mulai dari inovasi produk, inovasi pemasaran dan inovasi harga, agar produk yang dijual kompetitif dan bisa mengalahkan pesaing.
Benarkah sumber profit besar itu adalah hal-hal seperti yang disebutkan di atas? Bisa ya dan juga bisa tidak. Milind M Lele PhD, melalui bukunya Giga Profit (Hak Cipta Terjemahan Bahasa Indonesia dipegang Daras Books), menegaskan bahwa profit terbesar akan diperoleh oleh perusahaan jika perusahaan yang bersangkutan bisa menciptakan monopoli yang alamiah dan legal.
Menurut Milind, dengan Monopoly Rules, memungkinkan setiap bisnis—baik skala mikro maupun raksasa---mendominasi dan menjadi yang terbaik di industrinya. Dengan menjalankan Monopoly Rules, kata Milind, Anda bisa menciptakan monopoli situasional yang alamiah dan legal, meraih giga profit sementara pesaing menurunkan marjin, menciptakan kesempatan dari apa yang diabaikan para pesaing, membentuk “country club” guna menjaga tingkat profit dan lain-lain. Bisa jadi orang akan alergi dan berang ketika mendengar kata monopoli, tetapi di buku ini justru Milind mengajarkan kepada para pengusaha untuk menciptakan monopoli. Karena sebenarnya, banyak praktek monopoli yang terjadi dalam bisnis. Dan hal ini boleh-boleh saja, asal alamiah dan legal.
Di tempat hiburan malam Anda mungkin harus merogoh kocek belasan ribu, hanya untuk mendapatkan sebotol air mineral, yang di luar harganya paling mahal Rp2.000. Berapa pun harganya, Anda hanya diberi dua pilihan: membeli atau tidak. Karena Anda tidak diperbolehkan membawa minuman mineral dari luar.Di tempat-tempat wisata tertentu juga melarang pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. Artinya, pengunjung yang ingin makan dan minum harus membeli di dalam lokasi wisata, yang harganya berlipat-lipat dibandingkan makanan dan minuman di luar lokasi wisata tersebut. Apakah ini bukan monopoli?Milind mengajarkan bagaimana menciptakan monopoli yang alamiah dan legal sehingga para pengusaha mendapatkan profit yang berlipat-lipat. Bagaimana kiatnya? Milind akan menuntun secara bertahap disertai contoh-contoh dari perusahaan-perusahaan top dunia. Jika Anda memang ingin mendapat laba yang ukurannya giga, pertama-tama bacalah buku ini! (Sukatna Panca M)

Tidak ada komentar: