Sabtu, 22 November 2008

Ekonomi kreatif perlu dukungan

Sabtu 22 kemarin saya menghadiri pameran buku indie milik anak UKMP atau unit mahasiswa penulis UM di perpustakaan kota malang. Sudah lama saya tidak melihat atau berinteraksi dengan duni tulis menulis lagi. ada semacam kerinduan untuk kembali bisa menulis.

Memang acaranya sederhana hanya ada panggung kecil dan rak-rak tempat memamerkan karya para anggota baru dan lama. Memang kalo acara buku pasti kurang begitu dimininati dan jauh dari hiruk pikuk. Saya menikmati karena kadang capek juga liat acara yang penuh dengan suara sound system.

Ada hal yang menarik dari acara pameran buku indie ini. Pertama, pameran buku indie mencerminkan masih ada geliat dari anak muda untuk kreatif di bidang tulis-menulis. setidaknya banyak hal yang bisa ditulis dan bisa dibaca oleh orang lain. terus terang saja walauapun apreisasi terhadap penulis masih kurang tapi setidaknya dari acara ini masihlah kita berbangga bahwa kota malang siap melahirkan penulis-penulis baru.

Kedua, sebetulnya bagi para talent search yag jeli dan punya insting bisnis ajang seperti ini dapat menjadi simbisosis mutualisme. para penulis membutuhkan aktualisasi dan karya tulis pada saat ini bisa dikembangkan kemana-mana. siapa tau kita bisa menemukan bakat terpendam sosok seperti andrea hirata yang karyanya meledak?

Yang jelas memang masih perlu dukungan dan perhatian dari semua pihak bahwa walau masih minimalis tapi pameran seperti ini dapat menjadi motor ekonomi kreatif. setidaknya anda hadir sudah menjadi salah satu bukti mendukung bukan?

2 komentar:

distroworld mengatakan...

mbah join aja ke BLOG Unibraw di

http://bloggerub.com/

distroworld mengatakan...

coba jenengan liat syarat2 pendaftaran disini

http://bloggerub.com/pendaftaran/

ato masuk blogQ clic icon BloggerUB samping kanan,ntar conec BloggerUB click GABUNG.
nah distu da cara2nya gabung.
selamat bergabung

gabung juga di Blogger ngalam.