Selasa, 18 November 2008

Mengelola Multibrand







Kalo ada perusahaan yang memiliki merek banyak dan semua bisa berjalan dengan bagus, dalam artian masing-masing merek dapat berjalan dalam segmennya, pasti anda sepakat kalau Unilever jagonya. Bahkan tidak jarang banyak yag tidak tahu kalau produk yang dikonsumsi dalam satu rumah merupakan produk besutan unilever. Mulai dari perlengkapan dikamar mandi, sabun cuci, sabun mandi, hingga makanan dan minuman banyak sekali yang dikonsumsi.






Hebatnya unilever mamapu menjadikan masing-masing brand menjadi jawara dikelasnya. sebut saja rinso dikategori produk untuk mencuci, siapa ibu rumah tangga yang tidak emngenal rinso yang brandnya terus moncer. Dikategori sabun mandi produk unilever berhasil keluar dari produk generik sabun mandi dengan konsep sabun kecantikan lux, sehingga walaupun pasar sabun mandi telah penuh sesak dengan banyak pemain lux tetap bisa mewarnai pasar yang ada.






Kategori masakan hadir kecap bango yang bisa mencuri pasar kecap yang sudah malang melintang seperti ABC. Apalagi bango terkenal dengan event kuliner nusantara yang selalu penuh pengunjung.

Tentu saja sukses unilever tidak diraih dalam sekejap mata. Perjalanan panjang perusahaan ini telah dimulai dan yang penting, semua produk diluncurkan dengan strategi marketing yang fokus. Bisa kita lihat setiap produk keluaran unilever memiliki segmen tersendiri bahkan mampu menciptakan pasar baru misal lux dengan sabun kecantikan, sariwangi teh keluarga.
Nah menarik kan untuk dicermati dan sebagai bahan belajar bagi UKM atau anda yang mau memiliki merek. Perhatikan segmen yang mau anda bidik dan fokuslah disana

Tidak ada komentar: