Selasa, 11 November 2008

membidik segmen komunitas

Kalau anda baca SWA edisi bulan ini maka terdapat hasil survey tentang segmen komunitas yang dapat digunakan sebagai target pasar. Di era hiperkompetisi saat ini memang konsumen cenderung mencair dan sulit untuk di tebak pergerakannya. Konsumen menjadi leboh personal dan emosional. Pendekatan perusahaan menjadi lebih sulit terutama untuk perusahaan yang tidak cukup amunisi promosi.


Nah kehadiran komunitas sebagai bagian dari konsekuensi sosial masyarakat menjadi salah satu elternatif pemasaran. Komunitas memiliki beberapa keunggulan mualai dari jumlah anggota yang bisa terus bertambah, jaringan antar komunitas yang sejenis dan bisa diedukasi. Tidak heran jika sekarang terjadi proses simbiosis mutualisme antara komunitas dengan produk. Komunitas penggemar sepeda motor misalnya menjadi media yang efektif untuk promosi produk sepeda motor.


Sebetulnya jika kita jeli maka banyak sekali komunitas yang bisa di bidik dan di edukasi untuk meningkatkan penjualan. Yang jelas syarat utamanya adalah bisa bertemu pada kepetingan yang sama.Di Jakarta ada komunitas reading bugs yang menhajak orang atau anak kecil suka membaca, maka tidak heran jika komunitas ini juga menjadi incaran para penerbit buku atau majalah anak.


Nah hari senin kemarin pas 10-11 saya diundang oleh Flame Excecutive Club untuk menghadiri ulang tahun Nightlife Community sebuah club mobil yang cukup punya nama di malang. sebetulnya sudah beberapa kali tiap senin saya ke flame tapi untuk kamrin saya ingin datang sekali untuk membuktikan apa yang ada di majalah SWA. dalam pandangan saya apa yang di kerjakan TRIO Bomber Flame (Mr Nasih, Mr Anton, Mr Kristo) cukup cerdik. Jika kafe lain membidik mahasiswa di hari senin maka Flame membidik komunitas otomotif di hari senin. Klub otomotif memilii beberapa kelebihanm pertama dari gaya hidup klub penggemar mobil lebih dekat dengan dunia hiburan. Yang kedua dari sisi soliditas klub juga lebih solid jadi jika satu anggota datang yang lain juga datang. Hebat bukan salah satu gebrakan flame.

Tidak ada komentar: