Rabu, 12 November 2008

Marketingkan Dirimu

Jika kita melihat berita media cetak atau elektronik hari-hari ini maka berita orang melamar CPNS menjadi menu berita yang cukup seru. Betapa tidak? ditengah situasi ekonomi yang melambat ini lowongan pns dapat menjadi oase bahkan impian bagi sebagian besar orang yang belum bekerja atau bahkan sudah bekerja. Kerja teratur, memiliki status sosial dimata masyarakat merupakan beberapa hal yang didamba oleh mereka. tentu tulisan ini tidak bermaksud mempertanyakan motivasi mereka, karena hal tersebut merupakan hak bagi warga negara untuk melamar menjadi pns.

Pakar marketing Indonesia Hermawan Kartajaya pernah menulis 1 buku kecil berjudul Marketing Yours Self atau kira-kira dalam bahasa indonesia judulnya seperti diatas. marketing tidak hanya berlaku untuk produk melainkan juga dapatdiaplikasikan dalam diri kita. seperti halnya dalam mencari pekerjaan. Di tengah persaingan antar pelamar dan sedikitnya jumlah yang diterima maka anda dapat memperkuat posisi tawar dengan memarketingkan diri anda.

Sama halnya dengan produk maka disi kita dapat di positioningkan sesuai dengan hal yang kita inginkan. misal kita mempositioningkan diri kita pintar, ulet, tepat waktu, cekatan. ahli dalam akuntansi, ahli pemasaran, ahli komunikasi. Psoitioning ini penting agar perusahaan bisa menyaring dan memposisikan diri anda apakah tetap dengan posisi yang dibutuhkan.

kedua bangunlah differensiasi. misal anda lulusan unibraw atau unair atau ugm maka buatlah diri anda different misal dengan aktif di organisasi, atau memiliki kemampuan lai yang menunjang misal bahasa asing. jika sudah maka brand anda sebagai orang yang siap pakai dalam sebuah perusahaan akan menjadi kuat. selamat mencoba

3 komentar:

Anonim mengatakan...

The ordinary people with multy talent.
nice blog....

Anonim mengatakan...

mbah siddik "the ordinary people wih multy talent".
Nice blog...

distroworld mengatakan...

Mbah sekedar usul gimana kalau semua outlet BSG punya blog sendiri-sendiri, tiap outlet kan pasti ada pramuniaga yang suka ngenet minimal FriendsterAn syukur2 manajernya juga suka ngenet. Lagian sekarang bikin blog juga segampang buat friendster. Di blog situ satu sama lainnya ngLINK kan seru.

Di situ kita bisa nulis agenda outlet kita masing-masing semacam laporan kerja lewat blog. Kita bisa tau agenda-agenda outlet lain. Serta di situ kita bisa Sharing ide baru, kelamaan soale klo nunggu rapat bulanan buat ktm lgs. Apalagi kayak di BS pare gini, jauh ketinggalan info. Kayak mitra kerja baru di dalam kota(malang) kita baru tau dari FC.blogspot. Apalagi kayak adanya PIN Shoppaholic Distro Club malah kita ketinggalan berita.

Kita tiap minggu kirim e-mail laporan paling lama Cuma 5 menit, kan bisa kita manfaatin buat Posting tulisan kita. Kan sayang kalo ngenet cm 5menit kudu bayar billing 1 jam. Seru lagi management pnya blog sendiri-sendiri kayak jenengan, lagian management juga ada conection internet FREE. Secara tidak langsung trafick pengunjung blog kita kan rame jadi lebih menarik bagi bloger umum untuk mampir he..
Serta blog tersebut juga kita competisikan antar outlet kayak penghargaan toko dan karyawan terbaik tiap 3 bln sekali. Item penilaiane kayak
1.Blog content terbaik.
2.Blog terinteraktif & update posting.
3.Blog terame/ banyak dikunjungi.


Kayake seru mbah he3…